Sabtu, 23 Juni 2012

artikel merawat burung penthet/cendet


Untuk merawat burung cendet bukanlah hal yang sulit .Dalam hal yang satu ini saya akan memberi tahu cara untuk memilih burung cendet yang bagus dari bodynya ,bukan body cewek tentunya tapi body burung cendet .
CARA MEMBEDAKAN CENDET BETINA DAN JANTAN
Betina
ciri-ciri:
  1. Bunyi tidak keras alias volume tipis .
  2. Warna hitam diatsas kepala tidak banyak hanya sampai atas hidung
JANTAN
ciri-ciri:
  1. Struktur kepala lebih menonjol.
  2. Warna hitam diatas kepala lebih banyak .
  3. Seperti gambar di bawah ini.
CARA MEMILIH BURUNG CENDET
1. Badan burung tegak .
2. Mata burung melotot atau menonjol keluar (bukan copot low…).
3. Paruh tebal dan runcing.
4. Bila anda mencari cendet yang sudah berumur cari yang kakinya medang .Bila mencari yang masih muda ya cari aja yang belum medang . Tapi bila anda ingin mempunyai burung yang sudah siap untuk tarung
5. Kepala yang berstruktur kotak , bulu hitam pada kepala sampai pada
kepala belakang .
Itu tadi adalah cara memilih burung cendet yang bagus dengan meliahat
body burung .Karena memang bila burung cendet memilki bentuk body seperti yang ada diatas akan kelihatan gagah. Tetapi bila anda ingin memiliki burung yang bersuara bagus , keras suaranya , petarung dan menampilkan gaya yang bagus saat berbunyi tidak bisa hanya dengan menggandalkan memilih dody burung yang bagus .Semuanya itu adalah
kemampuan dari burung itu sendiri atau karena burung dilatih , namun kebanyakan pelatihan burung memerlukan waktu yang cukup lama dan jarang berhasil . Namun sekarang saya tidak menerangkan pelatihan burung tapi cara merawat dan mengoptimalkan kinerja burung yang sudah mempunyai kemapuan tapi kurang optimal kerjanya.
CARA MERAWAT DAN MENGOPTIMALKAN KINERJA BURUNG CENDET
Dadam hal ini langsung saja saya terangkan , untuk pemberian makan atau x-tra fooding .Dalam hal ini burung harus sudah bunyi :
1.Jangkrik :menambah birahi burung ,untuk komposisinya kebanyakan 5xsehari .
2.Kroto : untuk menghangatkan dan menambah kinerja burung ini harus diberikan .
3.Uler hongkong : fungsinya sama dengan kroto
4.Uler kandang :uler yang satu ini sangat menyehatkan
Makanan-makanan yang ada diatas kadang-kadang tidak disukai oleh cendet bisa dikarenakan dari kecil tidak pernah diberi hewan-hewanan .Nah untuk persiapan lomba atau perform yang sangat bagusd tidak bisa hanya dengan makanan itu saja ada perawatan khusus nya ,antara lain :
1. Penjemuran : jemur burung setiap jam 7 pagi sampai dengan 11 siang
kalau tidak kuat jangan di paksa , tapi harus dilatih secara bertahap.
2. Mandi : untuk mandi burung tidak perlu setiap hari .Pemandian burung
dilakukan saat pagi sebelum di jemur atau sore hari .
3. Serodong : serodong burung saat sore atau malam sampai pagi .Kalau
untuk lomba serodong burung sehari penuh ,dalam 5 hari seblum lomba tidak perlu dijemur.
MERAWAT CENDET  WAKTU MASA NGURAK
Ngurak atau mabung suatu proses dimana burung dalam proses pergantian bulu karena bulu sudah tua.Biasanya Ngurak inilah yang digunakan untuk patokan burung sudah siap dilombakan atau tidak , biasanya 3-4 kali ngurak . Cendet waktu ngurak atau mabung  dimana cendet dalam kondisi tidak stabil . Apalagi jika dalam pergantian cuaca  kondisi tubuh sedang tidak stabil bisa membuat burung sakit .Begini cara merawatnya :
  • Jangan pernah memberi makan atau xtra fooding sampai telat .
  • Beri makanan atau xtra fooding lebih banyak dari biasanya .Contoh : Biasanya diberi jangkrik 4 ekor , beri 7 ekor
  • Beri  jemuran , sekitar 30 menit , antara jam 07.30-08.00.
  • setelah itu angin2 kan dan serodong .
  • mandikan burung 2-3 hari sekali aja
  • Proses seperti itu akan terus berlangsung sampai dengan masa tumbuh bulu baru.

Tips Memelihara Anakan Cendet

Cara memelihara burung cendet anakan,cz banyak perbedaan gan antara burung cendet yang dapet dari menjaring (instan) dengan burung cendet yang dipelihara dari bayi,qlw bisa memilih yang udah bs makan sendiri walau jg msh mau dsuapin,ciri2 Cendet cowok bulu dkepala ad garis2 hitam..karna Cendet cowok bulu kpalanya Hitam itu bs dpantau pada Cendet anakan.
  1. 1bln pertama ksh makan bubur sun+Voer+UH 5-10 ekor+Keroto 1sdm,ksh air sdikit trus d'aduk kira2 agak mengental..(bs dsuapin ampe 3-5x,sisanya taroh aja dtmpat kecil dan rendah taroh d'bwh aja) trus suapin jangkrik, 3-5ekor ukuran sedang dgn cr tusukin pake lidi,minumnya pagi sore dganti&taroh dbwh jg..gantang dekat masteran,kalo gw seh deketin dgn Ciblek,KC&Bunglor kembang..sminggu 2x mandikan pagi dgn cara dsemprot ampe basah kuyup trus jemur ampe kering..nyuapinnya pagi-sore biar s'Cendet dekat dgn empunya..Krodong mlm aja
  2. Usai 1bln menu makanan ttp sama,cmn Voer kering tambahin dgn cr dtaburin d'atas menu yg ada,ini agar Cendet ntar terbiasa makan Voer kering...utk kasih jangkrik langsung lewat tangan,kalo Cendet cm mau dsuapin jangkrik 2/3/4/5 saja gak usah dpaksain lg..itu artinya Cendet udah bs nyesuain porsinya..
    jatah mandi dtingkatkan,kalo gw seh tiap pagi  ,tp utk urusan basah2 Cendet beda2..pahami aja..kalo dmandikan trus djemur ampe kering Cendet gak teriak2 kurangin jatah mandinya..nyuapin msh pagi-sore yah..krodong mlm aja
  3. Stelah kira2 2bln lbh saat cendet udah gak doyan lg dgn menu becek& Cendet udah mahir makan sendiri..menu dganti total cukup Voer d'atasnya taburin Keroto+UH sekitar5-10ekor,makanan&minuman ganti tempat sperti layaknya alias dtmpat makan yg dtengger..ganti air minum cukup 1x shari(biar gak repot lg hehehe) ..utk jangkrik tserah s'Cendet maunya dsuapin pake tangan ampe brp..urusan mandi yah sama aja dgn tahap 2..sesuain kriteria Cendet anda..Krodong jg msh mlm aja
  4. stelah Cendet mulai rontokin bulu alias mo ganti bulu alias mo branjak remaja menu ttp sm cm pisah Voer jgn dcampur keroto lg..Taroh aja Keroto dtmpat keroto,kasih Keroto kurangin jd 2/3x sminggu untuk UH boleh dcampur dgn Keroto bs jg dlainkan..Tp UH kurangin jd 3-5 aja.Kasih jangkrik sesuai porsinya..Cendet harus dkrodong terus siang mlm dtempat yg gak terjangkau matahari langsung...buka krodong cmn pas mo ksh makan/ganti minum aja..
    Urusan mandi cukup mandikan+jemur 1x sminggu pas mo bersihin kandang..
  5. Kalo Cendet dah berganti bulu menu makanan cukup Voer 1/4 tempat makan,Keroto tserah mo 2/3x sminggu 1sdt,jangkrik tserah s'Cendet mo brp..tp usahakan jgn lbh dr 5 ekor karna bs bkn Cendet males akibat kekenyangan,UH jg kurangin shari 2 saja..jatah mandi tingkatkan semaksimal mungkin tiap pagi terus jemur,Kalo gw paling lama jemurnya 30-45mnt..maklum gw kan nguli..kerodong cmn pada mlm hari..Nih biar Cendet remaja bs beradaptasi dgn lingkungan sekitarnya dsiang hari..usahakan gantang dtempat rame sperti ddepan rmh bersama masteran2nya
Simple&Praktis alias ulangin aja cara pd TAHAP 5 sampe Cendet beranjak dewasa hehehe..tp UH kurangin 1x sminggu maks 5 ekor aja.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar